-->
logo blog

Cara Cepat Mengatasi Ninja RR dan Ninja R Overheat

Membersihkan Radiator

Sebagian pemilik Ninja RR dan Ninja R mungkin pernah ngerasain panas yang berlebihan pada mesin motor kesayangannya, apalagi kalau tinggal di daerah rawan macet pastinya akan sering mengalaminya. Kali ini penulis mau share artikel tentang Cara cepat mengatasi Ninja RR dan Ninja R Overheat.

Sebetulnya Ninja RR dan R mudah sekali mengalami operheat, disebabkan motor 2tk besutan Kawasaki ini tidak dilengkapi colling fan pada radiatornya, sehingga radiator tidak sanggup menahan panas mesin yang berlebihan. Makanya itu anak-anak Ninja RR pasti menambah kipas pada raditornya, penulis sendiri pernah mencoba memasangnya dan hasilnya lumayan terasa namun 
tidak terlalu maksimal. Tidak sampai disitu, jika menggunakan kipas tambahan yang terjadi malahan aki menjadi mudah tekor dan pastinya bisa merusak komponen lainya.

Udah pada tau kan kalau Ninja RR menggunakan sistem pengapiannya Dc. Sistem pengapain Dc adalah sebuah sistem pengapian yang bersumber dari baterai/aki yang dialirkan menuju Cdi.
So, bila baterai/aki tekor tentunya bisa menghambat arus listrik ke Cdi dan lebih parahnya motor sobat bisa tidak hidup.

Kembali ke tofik awal, untuk mengatasi operheat sebetulnya sangat mudah sekali, asal kita selalu rajin aja untuk selalu mengecek kualitas air coolant dan tentunya jangan sampai kehabisan. Namun ada beberapa faktor yang bisa meyebabkan motor Ninja sobat sering operheat, untuk lebih jelasnya baca artikel dibawah ini :

Ninja R

Penyebab Ninja 150 RR dan Ninja 150 R Operheat

  • Air radiator yang sudah jelek sehingga bisa menyumbat sirkulasi air radiator ke blok mesin.
  • Oli samping terlalu minim, ini hal yang sangat fatal, karena campuran oli samping dan bahan bakar terlalu sedikit, tentunya mengakibatkan blok dan seher mengalami panas yang berlebihan sehingga berujung mesin mengalami operheat dan lebih parahnya lagi motor menjadi macet. Penulis sendiri pernah mengalaminya, bisa baca artikelnya cara mengatasi suara Ninja RR kasar.
  • Oli mesin, ini juga tidak kalah pentingnya sebab oli mesin sangat mempengaruhi kinerja motor sobat, bila oli mesin jarang diganti tentunya mesin bekerja semakin berat, karena semakin lama oli semakin mengental. Sebaiknya ganti oli mesin secara berkala untuk menjaga parts-parts agar tetap awet.
  • Setingan karburator, sangat mempengaruhi kinerja dan laju kendaraan motor. Bila settingan karburator tidak pas tentunnya laju motor tidak lancar dan mesin menjadi panas.
Radiator Racing

Cara Mengatasi Ninja 150 RR dan Ninja 150 R Operheat

  • Wajib mengganti air radiator atau water coolent yang berkualitas. Jangan menggunakan air biasa sebab bisa menimbulkan karat pada tempat radiator. 
  • Bersihkan parts-parts radiator untuk mencegah terjadinya penyumbatan atau kebocoran dan jangan lupa bersihkan juga kisi-kisi pada badan radiator, sebab biasanya banyak sekali tanah atau kotoran yang menempel sehingga udara yang masuk menjadi terhalang. Biasanya penulis membersihkannya pas nyuci di tempat steam.
  • Gunakan oli samping yang memiliki kualitas yang baik dan atur setingan oli samping untuk menjaga gesekan pada dinding selinder. Baca juga cara merubah setelan oli samping Ninja RR dan Ninja R.
  • Bila dalam kondisi jalanan yang macet usahakan motor dalam keadaan netral dan biarkan kendaraan dalam posisi langsam.
  • Untuk yang memiliki dana lebih, mungkin bisa mengganti radiator nya dengan model racing atau memiliki bentuk yang lebih besar. Sehingga dapat dipastikan lebih meminimalisir suhu panas yang berlebihan.
loading...


Baca : Harga Terbaru berikut spesifikasi lengkap NINJA RR MONO 250 CC

Pungsi radiator sangatlah penting untuk Kawasaki Ninja RR dan Ninja R, dengan radiator yang baik tentunya menjaga mesin agar tetap dingin. Untuk perawatanya pun tidak lah sulit namun kadang orang terlalu meyepelekannya, padahal bila radiator tidak berpungsi dengan baik tentu resikonya sangat besar terhadap mesin motor dan untuk perbaikan kerusakan akibat radiator rusak tidak cukup dana sedikit. So, jangan lupa untuk mengecek air dan kebersihan radiator. Mungkin itu sedikit artikel yang penulis bisa sampaikan.

Dan satu hal, penulis mengingatkan agar selalu bayar pajak kendaraan Anda tepat waktu. Karena jika tidak, Anda akan dikenakan denda pajak motor. Jadi ingat terus kapan Anda harus membayarnya.

Terimakasih


EmoticonEmoticon