-->
logo blog

Cara Merubah Setelan Pompa Oli Samping Ninja RR dan R

Halo apa kabar Pengguna Ninja RR dan R, pada kesempatan kali ini penulis mau share "Cara Merubah Setelan Pompa Oli Samping Ninja RR dan R". Berbicara Oli samping pada kendaraan 2-tak adalah sesuatu yang wajib jangan sampai sobat lupa untuk mengecek tempat penyimpanan oli. Karena kalau kehabisan bisa berabe dan bisa menjadi biaya yang sangat besar.

Kerja oli samping melumasi bagian cylinder, piston, bearing pin piston, crankshaft dan bearing crank pin. Oli ini ikut bersama dengan campuran bahan bakar-udara segar ke dalam ruang engkol dan cylinder. Setelah melumasi bagian-bagian yang dilaluinya, oli ini akan ikut terbakar bersama campuran bahan bakar-udara dan dibuang melalui lubang buang atau knalpot.

Sebetulnya kalau penulis bilang penting ga penting menambah boros oli samping, tentunya harus dibarengin dengan kebutuhan bila mesin masih standar tidak perlu addanya penamabahan oli samping, sebab terlalu boros oli samping pun berakibat motor jadi berat dan menjadikan penumpukan kerak berlebihan di head. dikarenakan pembakaran menjadi tidak sempurna dan berakhir busi menjadi cepat mati.

Namun bila terlalu irit pun berbahaya bagi blok dan seher bisa terjadi mesin menjadi berat dan lebih parahnya mesin menjadi ngejim, nah kalau udah begini bisa-bisa jajan besar sebab penulis pernah mengalaminya untuk lebih jelasnya tentang kerusakan blok Ninja RR baca disini. Kalau versi penulis untuk mengecek cukup atau tidaknya oli samping, penulis mengeceknya dari asap yang keluar bila tidak ada asap berarti kurang oli namun bila terlalu banyak asap yang keluar dipastikan oli terlalu boros. Ingat ya untuk mengecek nya dalam kondisi mesin panas dan perlu tau juga bila menggunakan oli Low Smoke tentunya asap lebih sedikit.

Setah panjang lebar membahas cara kerja oli samping pada motor 2-tak tentunya penulis sudah menyiapkan artikel ''Cara Merubah Setelan Pompa Oli Samping Ninja RR dan R''. Untuk lebih jelasnya baca sampai habis ya...

Buat yang belum tau, ini cara nyetel oli samping:
  • Buka fairing kiri untuk mempermudah pekerjaan (buat ninja RR). Pake obeng plus, total ada 7 skrup  
  • Buka cover gear depan di mesin sebelah kiri pake kunci 8. Total ada 3 skrup 
  • Sekarang keliatan kan gear depannya, abis itu buka dust cover di dalamnya memakai obeng plus. Ada 2 skrup di situ. Klo susah bukanya, pake obeng ketok 
  • Sesudah dust cover dibuka, didalamnya ada mekanisme pompa oli (Gbr 4). Perhatikan posisi B & C. Di situ ada garis, posisi garis pada saat grip gas kita putar habis (gas pol/full throtle) dlm kondisi mesin mati:
  • posisi B = C (segaris) berarti stelan standar
  • posisi B dibawah C berarti boros. Semakin B ke bawah, semakin boros
  • posisi B diatas C berarti irit tidak direkomdasikan irit takutnya malah bikin piston baret




Cara menyetelnya:
  • Mesin dalam keadaan mati
  • Posisi gas putar sampai habis (gas pol, full throtle). minta bantuin temen buat muter grip gas sambil kita nyetel oli samping.
  • Kendurkan skrup pengunci stelan (huruf D) ke arah kiri pake kunci 10.
  • Stel oli samping dengan memutar skrup A pake kunci 10. Searah jarum jam akan irit, berlawanan arah jarum jam akan boros. Lihat posisi garis B & C seperti yang sudah dijelaskan di atas.
  • Setelah selesai nyetel, jangan lupa untuk kencangkan skrup pengunci D.
  • Klo udah selesai, balikin lagi seperti semula dengan cara kebalikan yang diatas.

Tips:
  • Ninja standar sebaiknya menggunakan setelan standar, kecuali kalo motor masih baru.
  • Ninja yg msh baru olsamnya akan distel boros, krn piston msh baru. Butuh pelumasan lebih. Kalo masa inrijden udh selesai (5.500 km) balikin lagi ke stelan awal.
  • Buat yg udah menganti knalpot racing, sesuaikan kebutuhan oli samping dengan naiknya PJ/MJ. Naiknya PJ atau MJ selain menuntut konsumsi bensin yang lebih boros, juga menuntut oli samping yang lebih boros juga.
  • Paling tidak 3 buln sekali stelan olsam dicek, takutnya kalo setelan berubah sendiri karena getaran mesin atau skrup pengunci kendor.
  • Jangan setel irit apalagi kalo punya kebiasaan  sering tarik gas.
  • Jangan juga terlalu boros, jika terlalu boros juga akan bikin oli samping tidak terbakar sempurna & akan menjadi kerak (bahasa bulenya spooge) yang bisa bikin kotor mesin & bisa bikin SKIPS macet. Gimana cara mengetahuinya? Cek ke busi. Kalo busi basah karena oli, berarti oli samping terlalu boros. Juga kalo asap knalpot berlebihan pada saat mesin sudah panas (padahal sudh memakai oli smokeless) berarti terlalu boros. Tapi kalo asap keluar pas manasin mesin sih wajar.
  • Gunakan olsam minimal semi sintetik, minimal API TC, JASO FC ISO L-EGD.
loading...


Gimana sobat udah pada tau kan? semoga artikel ini bermanfaat dan juga terimakasih untuk Ninja Comunity dan Bro NC Bayu. Baca juga artikel tentang Oli Mesin yang Baik atau Bagus Buat Motor Januari 2017 dan baca juga artikel tentang Cara Mudah Mengatasi Oli Mesin Motor Bocor Atau Tekor. Terimakasih



EmoticonEmoticon