-->
logo blog

Tips Korek Harian Yamaha RX-King Murah Meriah Tapi Kencang

Pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Tips Korek Harian Yamaha RX-King Murah Meriah Tapi Kencang. Yamaha RX-King pernah menjadi idola beberapa tahun lalu karena memang desain dan mesin yang digunakan mampu memikat pencinta motor sport di tanah air.

Banyak sekali julukan untuk motor RX-King ini, biasa disebut raja jalanan atau motor jambret. Namun apapun namanya itu RX-King tetap menjadi favorit bagi sebagian orang. Harga motor bekas nya pun bisa dibilang cukup tinggi untuk sekelas motor jadul.

Yamaha RX-King memiliki power besar semenjak dari lahir makanya pantas saja jika motor besutan Yamaha ini disebut raja jalanan. Namun untuk urusan kecepatan nampaknya tidak ada puasanya, sebab secepat apa itu motor tetap saja ingin lebih dan lebih. Penulis sendiri merasakan hal seperti itu.

Untuk itu, penulis akan memberikan tips supaya motor RX-King sobat dapat melesat lebih kencang daripada standarnya namun dengan biaya yang sangat terjangkau. Untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca artikel dibawah ini.

Tips Korek Harian Yamaha RX-King Murah Meriah Tapi Kencang

1. Knalpot Racing
Kunci motor 2-tak kencang terdapat pada knalpotnya, sebab knalpot pada motor 2-tak tidak hanya untuk melepaskan sisa pembakaran namun untuk memberikan akselerasi. Bukan hanya itu, bentuk slenser pada knalpot sangat berpengaruh terhadap power menengah kebawah atau top speed. Untuk itu, hal yang harus dilakukan ketika ingin menaikan performa mesin besutan Yamaha ini adalah pada sektor knalpot. 

Gelombang energi akan banyak dipasok dari hitungan dan desain knalpot yang tepat! Diameter, panjang, terutama 5 bagian utama dari pipa knalpot 2 tak akan menjadi daerah rawan untuk menciptakan tenaga pada RPM tertentu. Area itu adalah : Header, Difuser, Dwell, Baffle, dan Stinger. Secara umum, knalpot yang baik harus mampu menaikkan tenaga pada rpm lebih tinggi. Pastikan keseuaian silinder mesin dengan knalpot serta RPM yang akan sering dipakai sebelum memesan sebuah knalpot.
2. Pilotjet dan Mainjet
Setelah mengganti pelepas pembakara, hal yang wajib sobat lakukan adalah mengganti pilotjet dan mainjet. Namun hal ini harus diperhatikan secara detail sebab jika terlalu besar pilotjet dan mainjet yang ada malahan bahan bakar menjadi boros dan tenaga motor malah hilang. Untuk itu, setelah ganti pilotjet dan mainjet sobat bisa mengetes motornya di rpm cukup tinggi setalah itu coba cek kondisi busi. 

Jika kepala busi berwarna hitam dan basah berarti bahan bakar terlalu besar sehingga menyisakan bahan bakar, sebaiknya turunin ukuran pilotjet dan mainjetnya. Biasanya jika settingan pilotjet dan mainjet pas, kepala busi akan berwarna merah bata.
3. Red Valve / Katup Buluh
Membran atau reed valve alias katub buluh merupakan komponen penting meningkatan performa motor. komponen motor ini berfungsi dalam efektifitas tinggi untuk mengatur pemasukan bahan bakar yang dikendalikan oleh piston-port. Membran jelas mampu mengkombinasikan kepadatan kabut bahan bakar dalam angka campuran asimetris dalam meningkatkan power motor dan pengaturan pencampuran yang efisien bakar bakar yang tentunya menaikkan kurva tenaga pada sistem mesin 2 langkah. 

Kalau di motor 4-tak disebut juga klep, nah jika klep motor semakin besar tentunya performa motor semakin galak. Hal ini juga sama aja dengan Red Valve pada motor 2-tak, semakin bagus katup buluhnya tentunya tenaga motor semakin bertenaga. Jika sobat memiliki dana lebih sobat bisa membeli Vforce namun jika tidak memiliki dan lebih sobat bisa mengantinya menggunakan katup buluh punya RGR atau model carbon. 

Namun untuk model karbon agak sedikit mahal, sekitar Rp.100000,-an. Tidak sampai disitu untuk memaksimalkannya sobat bisa merubah lidah reed valvenya / besi melengkung yang nyabang kaya lidah ular, sobat bisa sedikit merapatkanya lagi jaraknya agar buka tutup reed valve lebih cepat dari standarnya.
4. Porting Polish In Ex
Setelah ketiga cara diatas sobat lakukan, sobat bisa melakukan Porting Polish lubang keluar masuk pada blok atau boring motor RX-King sobat. Hal ini sangat mempengaruhi agar performa mesin sobat lebih ringan dan lebih bertenaga, namun untuk yang satu ini sebaiknya sobat menyerahkan kepada orang yang ahli untuk melakukannya, sebab jika terlalu lebar atau terlalu tinggi portinganya akan berakibat pada performa mesin lebih pelan dari standarnya.
4. Papas Head
Untuk menyempurnakan porting polish, hal yang wajib sobat lakukan adalah papas head. Biasanya kebanyakan mekanik melakukan papas head sekitar 2-5mm. Papas head sendiri berpungsi agar kompresi motor lebih padat daripada standarnya. Jika hal ini dilakukan dengan benar tentunya tenaga motor akan lebih bertenaga baik diputaran bawah atau hingga putaran atas.
5. Pengapian
Hal terkahir yang bisa sobat lakukan adalah menyempurnakan pembakaran, hal ini bisa dilakuan dengan menggantinya dengan Cdi fullset dari Yz85 namun penulis sendiri lebih menyarankan menggunakan Cdi BRT atau Cdi Racing lainya. Apalagi jika hanya untuk digunakan harian, mengganti dengan Cdi racing saja sudah cukup mumpuni untuk menyempurnakan pembakaran.

TIPS UNTUK BORE UP CYLINDER

Ketika kamu merubah kapasitas dalam silinder mesin, ada banyak faktor yang harus diperhatikan. Seperti : porting, rasio kompresi, jetting karburator, silencer dan timing pengapian. Ukuran dan durasi porting exhaust dan intake terbuka, berbanding dengan kapasitas mesin dan RPM. Ketika dinding liner digerus untuk memasukkan piston yang lebih besar, sadarkah bahwa transfer port akan berubah sudut, dan porting exhaust akan mengecil? Dan ketika kamu langsung saja melakukan hal ini, maka torsi pada RPM rendah akan melimpah, dan tenaga diputaran atas melemah.

Merubah sudut ruang bakar harus dilakuakan , serta rasio kubah dengan squish harus diatur ulang menyesuaikan diameter piston yang baru. Piston lebih besar berarti turbulensi lebih keras, sehingga squish harus dipersempit. Volume kubah ruang bakar harus diatur menyesuaikan kapasitas mesin yang baru. Atau mesin hanya akan terasa ’berhenti’ di putaran tinggi, berlari datar begitu saja. Bahkan lebih buruk akan timbul detonasi.

Mungkin itu sedikit artikel tentang Tips Korek Harian Yamaha RX-King Murah Meriah Tapi Kencang dan semoga artikel kali ini bermanfaat ya sob. Jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Kelebihan Membran Vforce Untuk Ninja 150RR dan 150R dan baca artikel tentang Cara Mudah Membetulkan Kopling Slip dan Kurang Gentakan . Terimakasih






EmoticonEmoticon