-->
logo blog

Cara Menghemat Bahan Bakar atau Bensin Motor

Harga bahan bakar semakin hari semakin meninggi padahal penghasilan tidak ada perubahan sehingga setiap orang memutar otak supaya pengeluaran lebih bisa diminimalisir. Pada kesempatan kali ini penulis akan membahahas artikel tentang Cara Menghemat Bahan Bakar atau Bensin Motor baca sampai tuntas ya sob....

Sebenernya lucu banget penulis membuat artikel ini namun kayaknya momentnya sangat pas karena menurut info yang beredar sebentar lagi mau ada kenaikan BBM. Jika bbm naik kayaknya semua orang ketar ketir panik sampai-sampai pada ngantri beli bahan bakar sebelum kenaikan padahal kalau dipikir-pikir hari esok juga toh tetep dibeli.

Tapi ah sudahlah itu hak masing-masing orang, namun penulis kepikiran gimana caranya biar motor tetap digunakan seperti biasanya namun pengeluaran bahan bakarnya bisa dihemat semaksimal mungkin. Mungkin ini hal yang cukup konyol sebab jaman sekarang motor sudah menggunakan teknologi full ijeksi sehingga bahan bakar lebih hemat namun tenaga tetap maksimal.

Tapi penulis pikir ah segimana iritnya motor tetep saja bila ada cara lain untuk menghemat bahan bakar pasti dilakukan juga. Betul tidak sob......? jika betul yuk kita lanjutkan pembahasannya.....

Cara Menghemat Bahan Bakar atau Bensin Motor

  • Gaya Berkedara -
    Ternyata gaya berkendara sangat mempengaruhi pengeluaran bahan bakar loh sob, coba aja test bawa motor sering digentak sama bawa motor standar pasti akan terlihat perbedaan pengeluaran BBM nya. Menghemat bahan bakar tidak harus di rpm rendah namun diperlukan kesetabilan kecepatan, misalkan jalan selalu di rpm 70km/jam. Yang bikin boros itu jika membawa kendaran di kecepatan 40 tiba-tiba digentak dikecepatan 80 dan di turunkan lagi 40, hal ini akan berimbas bahan bakar menjadi boros. Untuk itu sobat harus pintar mengatur kecepatan dalam membawa kendaraan agar bahan bakar yang keluar lebih efisien.
  • Knalpot Racing -
    Knalpot racing sangat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, biasanya jika sudah mengganti knalpot racing gaya membawa motor juga tidak terkontrol. Yang ada lebih terkesan ugal-ugalan dijalanan tentunya hal ini mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Jika motor hanya digunakan untuk harian sebaiknya sobat menggunakan knalpot standar saja supaya lebih hematb bahan bakar.
  • Setingan Karburator -
    Karburator berguna untuk menyalurkan bahan bakar ke ruang pembakaran, nah bila setingan karburator tidak pas motor akan terasa berat atau brebet. Hal ini juga sangat berimbas pada pengeluaran bahan bakar, sebab bila setingan tidak pas motor tidak bertenaga sehingga gas selalu ditarik lebih dalam namun jalan motor tidak ada perubahan. Untuk itu sebaiknya setting karbu ditempat yang recomended dan setelah di setting karbunya coba sobat cek businya, jika masih terlihat basah kehitaman berarti karbunya masih tidak stabil namun jika terlihat merah bata berarti bahan bakar sudah pas dengan kebutuhan motor.
  • Pilotjet dan Mainjet -
    Biasanya kalau merubah knalpot pasti berimbas pada penggantian pilotjet dan mainjet. Sebenernya hal ini bagus banget tentunya agar motor tidak kekurangan bahan bakar. Namu jika pilot jet dan mainjetnya terlalu besar akan berakibat busi cepat mati, motor susah hidup dan pastinya boros bahan bakar. Untuk menanggulanginya, sobat bisa melihat dari kondisi busi, jika kepala busi berwarna merah bata berarti sudah pas namun jika terlihat kehitaman dan basah berarti terlalu boros. Namun lebih mudahnya liat knalpot, jika keluar asap hitam berarti motor terlalu boros.
  • Filter Udara -
    Filter udara pada motor keluaran terbaru rata-rata menggunakan bahan dari kertas sehingga tipe filter udara seperti ini tidak bisa dibersihkan namun harus diganti. Biasanya bila filter udara sudah kotor, hentakan dan tenaga motor menjadi lemah sehingga bahan bakar menjadi boros. Untuk itu sobat wajib mengganti saringan karburator maksimal 3 bulan sekali. 
  • Slip Kopling -
    Slip kopling diakibatkan dari fiber kopling sudah habis, hal yang dirasakan jika fiber abis adalah ketika pertama jalan motor terasa berat namun setelah agak jauh akan normal kembali dan juga motor seperti tidak mempunyai hentakan. Hal ini sangat mempengaruhi terhadap pengeluaran bahan bakar karena motor akan bekerja keras diputaran awal dan juga membutuhkan rpm tinggi ketika motor mau pertama jalan. Untuk atisipasi sebaiknya sobat secepatnya mengganti fiber atau kampas kopling supaya hemat bahan bakar dan supaya tidak menjalar ke bagian part lainya.
  • Pertamax -
    Pertamax memiliki ron atau oktan lebih baik dari premium sehingga pembakaran menjadi lebih maksimal. Penulis sendiri merasakan akselerasi menjadi lebih enak dan bahan bakar menjadi lebih irit. Namun penulis sendiri tidak menjamin 100% hal itu namun itu yang penulis rasakan. Mungkin temen-temen yang lain bisa komen ya...
Banyak yang beranggapan jika motor menggunakan bahan bakar pertamax mesin akan terasa panas namun penulis sendiri justru malah ngearasa mesin lebih adem dan busi menjadi lebih awet. Namun hal itu balik lagi ke individual masing-masing dan hanya sekedar sharing dari hal yang pernah penulis rasakan.
Nah sob mungkin itu sedikit hal yang bisa penulis sampaikan pada artikel tentang Cara Menghemat Bahan Bakar atau Bensin Motor dan mudah-mudahan artikel kali ini bermanfaat. Walau memang hal ini tidak berpengaruh besar namun setidaknya bermanfaat ketika kita mau kehabisan bahan bakar dijalan namun masih jauh ke pom bensin.

Terimakasih untuk temen-temen yang udah sering mampir di blog sederhana ini dan jangan lupa juga baca artikel lainya seperti Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Berebet Ketika di Gas dan baca juga artikel Oli Mesin Yang Baik atau Bagus Untuk Motor. Untuk melihat video terbaru dari dunia otomotif atau anak-anak Ninja bisa dilihat di chanel youtube otoplanet.com.n Thanks



EmoticonEmoticon