-->
logo blog

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Ketika Di Gas

Kendaraan roda dua sudah menjadi transformasi masal di tanah air, hampir setiap orang memilikinya dengan alasan lebih praktis di kendarai dan mampu menempuh waktu dengan cepat . Namun terkadang bagi sebagian orang, jarang sekali merawat motor atau tidak rutin menservicenya secara berkala sehingga berakibat motor mengalami kendala. Kali ini penulis mau membahas artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Ketika Di Gas.

Mungkin sobat semua pernah mengalami kendala saat berkendara, seperti motor tiba-tiba gak mau hidup atau motor sobat tiba-tiba brebet. Banyak faktor sebetulnya yang bisa menyebabkan hal itu terjadi...penulis sendiri sudah merangkumnya dibawah ini...lanjut membacanya ya sob....

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Ketika Di Gas

1. Busi
Hal pertama yang sobat bisa lakukan adalah mengecek kondisi busi, lihat warna busi bila warnanya hitam basah berarti bahan bakar terlalu boros. Setelh itu coba cek api di busi, bila percikan apinya di pinggir berarti businya sudah jelek, sobat wajib menggantinya.

2. Cek Pengapian 
Hal kedua, sobat bisa mengecek api dari kabel busi, lepas dulu padud businya lalu coba dekatkan kabel busi ke baud atau bodi motor, lalu selah-selah motornya bila busi keluar apinya cukup besar berarti parts pengapian tidak ada masalah. Namun bila api keluar nya kecil ada kemungkinan CDI nya sudah lemah atau spulnya udah mau mati. 

3. Karburator
Untuk bagian ini, sobat bisa membuang dulu bahan bakar yang ada di karburator, siapa tau ada air masuk sehingga bahan bakar tidak stabil masuk ke ruang bakar. Untuk membuangnya bisa menggunakan obeng +, biasanya ada dibagian bawah untuk membuangnya. Namun penulis menyarankan lebih baik karburatornya sekalian di bersihkan biar hasilnya lebih maksimal, siapa tau pilot jet atau main jet nya tersumbat kotoran bahan bakar.

4. Klep
Biasanya untuk hal ini sering terjadi pada motor matic, motor tiba-tiba brebet lagi jalan enak-enak dan lama kelamaan motor langsung mati. Hal pertama coba sobat selah-selah, bila pas di selah seperti ngelos atau tidak ada kompresi kemungkinan klep kemasukan kotoran sehingga kompresi menjadi bocor. Untuk mengatasinya sobat bisa membuka businya lalu sobat masukan sedikit oli mesin, bisa menggunakan sedotan untuk memasukan oli nya. Setelah itu sobat selah-selah lagi sambil lubang businya di tutup mengunakan kain lap, nah bila kompresi belum ada sebaikknya tambahkan lagi. Setelah itu lakukan hal diatas tadi, bila kompresi udah ada sobat bisa memasang businya lagi. Mudah-mudahan motornya normal kembali.

5. Pompa Bahan Bakar / Fuel Pump
Biasanya ini terjadi diakibatkan sering isi bahan bakar sembarangan atau memang motornya memiliki umur. Sehingga pengendapan kotoran di dalam tangki bahan bakar semakin menumpuk. Apalagi bila sobat pernah kehabisan bahan bakar, sudah dipastikan kotoran ikut turun dan menyumbat Fuel Pump sehingga bensin tersendat masuk ke karburator. lebih parahnya lagi bila kotorannya sampai masuk ke ruang bakar, berakibat seperti point ke 4 tadi. penulis menyarankan sobat memasang saringan bensin tambahan untuk meminimalisir kotoran masuk ke karburator atau ruang bakar.

Untuk menjaga hal itu terjadi, sebaiknya sobat merawat motor secara berkala dan mungkin itu sedikit artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Brebet Ketika Di Gas, mudah-mudahan artikel yang penulis buat bermanfaat buat sobat semuanya. baca juga artikel tentang Service Besar Kawasaki Ninja 150RR Berikut Biayanya dan baca juga Suara Mesin Ninja 150RR Kasar. Terimakasih









EmoticonEmoticon