-->
logo blog

Tips dan Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016

Bagaimana tidak menjengkelkan ketika sobat mau berangkat berkatifitas, akan tetapi kendaraan yang sobat gunakan tidak mau hidup atau nyala. Menjengkelkan itu pasti namun sebetulnya banyak sekali faktor penyebab motor tidak mau hidup. Di artikel Tips dan Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016 ini akan penulis kupas tuntas penyebab motor susah hidup.

Roda dua adalah kendaraan terbanyak yang orang Indonesia gunakan, makanya bisa dibilang roda dua adalah kendaraan masal. Mungkin untuk motor baru jarang sekali mengalami namanya motor susah hidup, namun ada sebagian orang memang memiliki kendaraannya sudah memiliki umur.


Untuk Mengantisipasinya sobat harus rajin menjaga dan rajin merawat kondisi motor, hal itu tidak selalu harus di bengkel saja namun sobat bisa mealkukanya dirumah. Nah sebenernya langkah apa saja agar motor selalu prima menemani aktifitas sobat sehari-hari.

Ok sob lanjut ya membacanya.......

Tips dan Cara Mengatasi Motor Susah Hidup Terbaru 2016

1. Service Karburator
Hal yang mesti sobat lakuin adalah selalu mengecek parts satu ini, karena karburator sangat mempengaruhi kerja motor. Biasanya yang sering terjadi, motor susah hidup adalah berawal dari karburator kotor atau memang sudah rusak sehingga bahan bakar tidak turun ke ruang pembakaran dengan stabil.

2. Busi Mati
Busi juga salah satu komponen penting, bila busi lemah atau mati bisa dipastikan motor tidak mau hidup. Nah ada sebagian orang sering banget mengeluh, ko busi saya sering banget mati. Nah untuk kasus seperti ini, coba sobat cek kondisi kepala businya bila warnanya hitam basah berarti pembakaran terlalu besar. Sobat bisa menyetting ulang baud angin di karburator, namun bila masih sobat bisa mengganti pilot jet dan main jet ke ukuran yang lebih kecil. Namun bila kepala busi berwarna hitam dan bercampur oli, berarti mesin sobat bermasalah. sebaiknya sobat membongkar bagian seher dan ring nya.

3. CDI Lemah 
Faktor ini juga sangat mempengaruhi, sebab bila CDI sudah lemah bisa diapstikan motor susah hidup, karena pembakaran menjadi tidak sempurna. Sebaiknya sobat pinjem CDI temen untuk mengecek apakah benar CDI nya yang rusak. Namun yang penulis alami biasanya bila CDI mau mati, di saat kondisi mesin panas motor akan tiba-tiba mati namun kalau di istirahatkan motor akan hidup namun akan terjadi hal seperti itu lagi. 

3 Spul Lemah
Spul alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak balik ( AC) komponen ini khusus pengapian CDI AC. Pungsinya sama seperti aki cuma bedanya tegangannya searah (DC). Bila spul putus atau terbakar tidak bisa memproduksi strum. Nah makanya bila motor tidak mau hidup atau susah hidup ada kemungkinan spul lemah atau rusak. Pertanda spul mati biasanya dari fisiknya terlihat gosong.

5. Koil
Fungsi Koil adalah menggandakan tegangan rendah dari aki atau spul menjadi ribuan kilo volt.  Di dalem koil berisi kumparan primer dan skunder. Biasaya bila koil rusak terlihat ketika mesin panas atau ketika motor berjalan beberapa km motor tiba-tiba api hilang atau motor ngedadak mati. Namun sobat harus jeli, karena biasnya bila koil mau mati tidak langsung hilang apinya, namun bisa dilihat dari busi ketika motor di selah-selah, busi memelentikan api tapi lompatannya kecil dan apinya berwarna merah. Karena api yang bagus berwarna putih ke biru-biruan, so wajar saja bila motor susah hidup.

Memang pada dasarnya motor yang sering kita gunakan wajib untuk menservicenya secara berkala, tentunya menjaga agar motor selalu tetap sehat sehingga mampu mengantar aktifitas pemiliknya setiap hari. Nah sob semoga artikel yang penulis buat ini bermanfaat ya.....

Dan jangan lupa juga ya sob, baca juga artikel terbaru dari penulis yaitu Penyebab dan cara Mengatasi Motor Brebet Ketika Di Gas dan Cara Mengatasi Kawasaki Ninja Operheat. Terimakasih







EmoticonEmoticon