-->
logo blog

Kegunaan Super KIPS dan HSAS di Ninja RR dan RR

Tentunya kita sudah pada tau kan motor besutan Kawasaki ini, memiliki banyak sekali kelebihan sehingga Ninja RR dan R menjadi pavorit anak muda. Namun sayang sekali produksinya diberhentikan karena terkait peraturan pemerintah tentang regulasi emisi gas buang.

Nah walaupun sudah tidak di produksi lagi namun penulis yakin masih bayak diluar sana pencinta motor besutan Kawasaki ini, termasuk penulis sendiri masih memiliki motor sport ini. Kali ini penulis mau membahas teknologi Super Kips dan HSAS, apa saja kelebihannya. Untuk lebih jelasnya baca sampai habis ya....

Kegunaan Super Kips 

Super KIPS atau KIPS ini merupakan kepanjangan dari  Kawasaki Integrated  Powervalve System merupakan satu teknologi gas buang dengan memanfaatkan buka tutup pada katup di kisaran RPM Rendah ataupun Tinggi tujuannya untuk meminimalisir gas buang, hingga menjadikan pembuangan yang sempurna.

Kegunaan HSAS

Sedangkan HSAS merupakan kepanjangan dari High Performance Secondari Air System yang mana HSAS ini memiliki fungsi untuk memasukan udara bersih kedalam exhaust chamber yang mampu membentuk campuran emisi gas buang C02 dan H20 menjadi tidak beracun serta ramah lingkungan.

Kedua teknologi ini saling berkaitan dimana ketika RPM mencapai batas lebih dari 7000RPM maka katup Super KIPS akan membukan sedang katup HSAS akan menutup, begitu sebaliknya jika kecepatan berada pada RPM Rendah/Kurang dari 7000RPM katup Super KIPS akan menutup dan katup HSAS akan membuka, hal ini untuk menghindari campuran bensin dan udara yang masuk ke ruang bakar terbuang sia-sia dalam bentuk emisi. 

Jadi pada intinya Super Kips memberikan tenaga mulai dari putaran bawah sampai atas, akan tetapi ketika mesin diputaran bawah Super Kips memberikan efesiensi terhadap bahan bakar namun tenaga yang dihasilkan tetap sama. Sangat berbeda sekali dengan mesin bukan Super Kips, mau diputaran atau bawah atau atas bahan bakar tetap saja boros.

loading...


Keuntungan HSAS pada motor Kawasaki Ninja RR dan R adalah menyempurnakan sistem pembakaran sehingga membentuk campuran emisi gas buang C02 dan H20 menjadi tidak beracun serta ramah lingkungan, sehingga dapat memenuhi standar emisi gas buang Euro-2 yang diterapkan oleh pemerintah. Namun diperaturan pemerintah yang baru Kawasaki Ninja RR dan R sudah tidak lolos uji, karena diwajibkan memiliki standar Uero-3. Sayang sekali ya padahal peminat Kawasaki Ninja RR dan R masih banyak.

Sekarang sudah pada tau kan kegunaan Super Kips dan HSAS pada motor Kawasaki Ninja RR dan R. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat ya. Baca jug artikel tentang Cara Mengatasi Super KIPS Ninja RR dan R Macet dan baca juga artikel tentang Tips Mempercepat Kerja Super Kips Kawasaki Ninja RR dan R. Terimakasih



EmoticonEmoticon