-->
logo blog

Ukuran Gir Yang Cocok Untuk Yamaha Byson

Jika sebelumnya penulis membahahas artikel tentang Knalpot Byson Nembak !!! Ini Solusinya nah pada artikel ini penulis akan membahas artikel tentang Ukuran Gir Yang Cocok Untuk Yamaha Byson. Jika berbicara ukuran gir yang cocok nampaknya akan menjadi sebuah dilema.

Kenapa bisa bilang begitu? iya sebab tidak semua orang kebutuhanya sama dan juga track yang dilalui juga pastinya berbeda-beda setiap orang. Nah penulis sendiri hanya memberikan acuannya saja dan tinggal sobat sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Gir dan rantai memiliki usia pakai jadi jika gir sudah pada tajam sebaiknya sobat menggantinya supaya menjaga agar tidak rusak atau putus di jalan. Rantai dan Gir Byson bisa menggunakan dari motor lain loh sob, seperti dari Yamaha Scorpio atau Yamaha Vixion dan pemasanganya juga tinggal plug and play.

Ok deh lanjut ya membacanya, pokonya pada artikel kali ini penulis akan menggaris bawahi, sesuaikanlah dengan kebutuhan. Karena mengganti Gear dan Rantai berbeda ukuran ada nilai plus dan minusnya. OSilahkan cek dibawah ini ya...

Ukuran Gir Yang Cocok Untuk Yamaha Byson

1. Ukuran Gir Depan 14 dan Ukuran Gir Belakang 40

Nah ini ukuran Gir Byson standarnya, mungkin sobat sudah pada tau performa gir ini.Tarikannya merata atas bawah dan sangat cocok untuk digunakan harian. Namun jika sobat sering boncengan dan menggunakan box rasanya motor menjadi lebih berat dan terasa ngeden. Jadi jika mengalami hal ini sebaiknya sobat naikan ukuran girnya.

2. Ukuran Gir Depan 14 dan Ukuran Gir Belakang 44

Ukuran gir ini penulis menggunakan gir dari Yamaha Scorpio dan rantainya juga penulis ganti dengan ukuran yang lebih panjang. Untuk pemasanganya juga tinggal plug and play. Performa gir ini sangat enak banget, motor serasa loncat-loncat walau membawa beban cukup berat. Namun sayang nafas menjadi pendek, jadi narik gas belum pool motor sudah minta di oper. Untuk ukuran gir ini sangat cocok untuk daerah pegunungan namun not recomended untuk di jalanan datar atau perkotaan.

3. Ukuran Gir Depan 14 dan Ukuran Gir Belakang  42

Nah ini gir belakang menggunakan Yamaha Vixion dan utuk pemasanganya tinggal plug and play. Ukuran ini sangat recomended banget kalau menurut penulis, sangat cocok untuk boncengan dan untuk sendiripun sangat nyaman. Nafas motor cukup panjang walau tidak sama dengan standarnya namun sangat layak untuk dicoba.

4. Ukuran Gir Depan 15 dan Ukuran Belakang 42

Untuk yang ini penulis ganti ukuran gir depanya, menggunakan ukuran 15. Sobat bisa menggunakan gir Yamaha MX atau merk lainya dan pemasanganya PNP ko karena bautnya cuma satu. Rasio ahkirnya 42/15=2.8 pas. Ini rasionya lebih kecil dibandingkan dengan standarnya namun sayang performanya ngeden abis. Pokonya not recomended banget menggunakan komposisi gir ini.

5. Ukuran Gir Depan 15 dan Ukuran Gir Belakang 44 

Pada ukuran ini penulis menggunakan gir lama, menggunakan gir belakang 44 namun ukuran gir depan menggunakan ukuran 15.  Jadi rasionya jadi 44/15=2.933333333. Untuk ukuran ini sangat enak banget namun jika boncengan agak ngeden namun untuk tenaganya sangat enak banget disemua RPM dan nafas enak banget tidak mudah habis. Tidak seperti ketika menggunakan gir 14-42. Penulis sih sangat recomended banget ukuran gir ini, sangat cocok untuk touring dan asal tidak membawa beban berlebihan.

Berdasarkan review tersebut akhirnya penulis kemudian memilih ukuran diperkirakan paling optimal yaitu 15-44 (rasio 2.93), dimana tarikan cukup ringan namun tidak terlalu banyak kehilangan top speed. Karena penulis sendiri berukuran bobot badan sekitar 75kg dan kadang berboncengan jadi dirasa ukuran ini sangat pas sekali.

Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Ukuran Gir Yang Cocok Untuk Yamaha Byson dan semoga artikel kali ini bermanfaat ya sob. jangan lupa baca artikel lainya, seperti Rantai Dan Gear Yang Cocok Buat Ninja Mu. Terimakasih






EmoticonEmoticon