-->
logo blog

Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang

Lampu adalah faktor pendukung dikala berkendara dimalam hari namun beberapa tahun terakhir ini pengendara wajib menyalakan lampu pada siang hari. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang.

Lampu di desain semaksimal mungkin supaya memberikan penerangan dikala berkendara dimalam hari namun bagi sebagian orang masih merasa kurang dengan kualitas lampu bawaan pabrik Tidak jarang orang mengganti lampu depannya menggunakan LED, Halogen atau HID.

Namun untuk membeli lampu semisal HID wajib menguras kantong yang tidak sedikit. Di artikel ini penulis akan memberikan tips supaya lampu motor lebih terang namun tidak membutuhkan biaya besar. Salah satu cara agar membuat lampu lebih terang adalah dengan cara menambahkan dua buah relay pada lampu motor.

Pada prinsipnya cara ini hanya untuk mengurangi hambatan pada rangkaian lampu kepala. Sebelum penulis jelaskan trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay alangkah baiknya kita bahas cara kerja relay terlebih dahulu.

Sebuah relay biasanya terdapat 4 nuah terminal yaitu 85,86, 30 dan 87. Di dalam relay terdapat dua bagian yaitu elektro magnet dan contact point. Terminal 85 dan 86 terhubung dengan elektro magnet sedangkan terminal 30 dan 87 terhubung dengan contact point. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar relay berikut ini.

Cara kerja dari relay tersebut adalah ketika sebuah arus mengalir ke 85 dan 86 terhubung dengan ground (-). Maka akan timbul kemagnetan pada elekro magnet. Kemagnetan tersebut akan menarik contact point (terminal 87)  yang menyebabkan terminal 30 dan 87 terhubung. Jadi pada dasarnya relay adalah saklar elektromagnetik

Setelah sobat mengetahui fungsi dan kegunaan relay, penulis akan memberikan tutorilanya dibawah ini :

Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang

  1. Hal yang pertama, sobat siapkan dahulu 2 buah relay ( normaly open ).
  2. Lalu setelah 2 buah relay siap, sobat bisa langsung hubungkan terminal 30 ke positif baterai (bisa diambil dari kabel sebelum saklar utama lampu kepala).
  3. Setelah itu, hubungkan terminal 87 ke terminal lampu utama (jarak dekat).
  4. Hubungkan terminal 85 ke kabel saklar jarak dekat (kabel jarak dekat yang menuju lampu dipotong)
  5. Hubungkan terminal 86 ke negative.
  6. Lakukan langkah diatas pada relay yang kedua untuk lampu jarak jauh.
Gimana cukup simpel bukan ? penulis yakin sobat pasti bisa melakukanya dengan memperhatikan setiap langkah trik membuat lampu motor lebih terang dengan menggunakan relay diatas. Jadi intinya arus utama yang akan masuk ke lampu tidak melewati saklar melainkan di jumper dari baterai langsung menuju lampu. Saklar lampu digunakan untuk mengaktifkan elektro magnet pada relay saja. Dengan begitu hambatan rangkaian lampu kepala lebih kecil, sehingga lampu akan terang. 

Nah mungkin itu sedikit artikel tentang Tips dan Trik Membuat Lampu Motor Lebih Terang dan semoga artikel kali ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus dan baca juga artikel tentang Cara Mengoptimalkan Lampu HID Dengan Cara Merubah Kelistrikan AC ke DC. Terimakasih



EmoticonEmoticon