-->
logo blog

Penyebab dan Cara Mengatasi Stang Motor Bergetar atau Goyang Ketika Dikendarai

Kendaraan baru memang enak dan nyaman untuk di kendarai namun tidak sama halnya dengan motor yang sudah memiliki umur. Banyak sekali hal yang selalu menjadi masalah, mulai dari motor susah hidup, busi cepet mati dan masih banyak hal lainya. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Stang Motor Bergetar atau Goyang Ketika Dikendarai.

Stang atau kemudi motor memiliki peranan penting pada sebuah kendaraan roda dua. Untuk menjaga agar stang selalu stabil tentunya harus dirawat dengan baik namun jika sobat pernah mengalami jatuh dari motor pastinya stang menjadi tidak lagi stabil.

Namun yang sering pengguna kendaraan roda dua keluhkan adalah stang terasa goyang atu bergetar ketika di kendarai padahal tidak mengalami jatuh atau tabrakan. Nah jika hal ini terjadi tentunya menjadi sebuah tanda tanya besar. Ko bisa? bisa saja sih karena banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan stang atau kemudi bergetar atau goyang ketika dikendarai.

Di artikel kali ini penulis akan memberikan tips-tips supaya stang atau stir motor sobat nyaman untuk di kendarai. Ok deh cek dibawah ini ya sob.....

Penyebab dan Cara Mengatasi Stang Motor Bergetar atau Goyang Ketika Dikendara

1. Laher Sudah Goyang

Biasanya yang umum terjadi diakibatkan karena laher sudah goyang atau oblak. Laher sendiri memiliki usia pakai namun yang sering mengakibatkan laher goyang diakibakan karena kemasukan air atau sering masuk lobang jalan. Untuk mengantisifasinya sobat bisa menggantinya dengan bearing yang berkulaitas atau asli dan jangan lupa ditambahkan gemuk supaya hasilnya lebih maksimal.

2. Piringan Cakram Bengkok

Jika hal pertama sudah diganti namun masih goyang, sebaiknya sobat periksa piringan cakramnya. Untuk mengecek piringan cakram bengkok, sobat bisa membukanya lalu letakan di kaca, jika terasa goyang berarti piringanya rusak namun bisa juga dengan melihat kampas rem nya. Jika kampas rem cakram habis namun tidak rata bisa dipastikan piringanya bengkok. Untuk mengatisipasinya, sobat bisa menggantinya dengan piringan cakram baru namun sebaiknya beli piringan yang sudah punya nama karena jika membeli yang abal-abal biasnya suka berkarat.

3. Ban Bergelombang

Pada point ke 3, hal ini juga bisa diakibatkan dari kualitas ban yang sudah jelek atau memang produknya tidak bagus. Hal yang sering terjadi jika ban bergelombang biasnya ketika ketemu jalanan yang agak miring motor terasa ngebanting atau ngebuang. Jika hal ini terjadi sebaiknya sobat membeli produk ban yang sudah jelas kualitasnya dan jangan tergiur dengan harga murah.

4. Velg Bengkok

Jalanan di Tanah Air banyak sekali yang berlubang tentunya hal ini sangat beresiko bagi pengendara roda dua. Kalu tidak hati-hati beresiko jatuh dari motor dan bisa juga berakibat velg motor menjadi bengkok. Jika stang motor terasa goyang bisa diakibatkan dari velg yang sudah tidak balance lagi, untuk mengeceknya sobat bisa menyetandarkan tinggi motornya lalu putar ban nya. Jika terlihat goyang berarti memang velgnya bengkok. Untuk itu sobat bisa menyetel ulang velgnya, velg jari-jari dan racing bisa di stel ko.

5. Komstir Rusak

Untuk point ini, penulis sendiri pernah mengalaminya. Gejala pertama biasanya stir motor terasa berat ketika belok namun lama kelaman jika sudah parah stir terasa goyang dan tidak setabil ketika di kendarai. Nah untuk itu sobat bisa mengencangkan dulu komstir nya namun jika gejalanya tidak hilang berarti memang komstir sudah benar-benar rusak. Untuk harga komstirnya bervariasi ko, namun tidak terlalu mahal juga. Yang pasti harga komstir sebanding dengan kenyaman stang sobat. hehehe

6. Shockbreaker Depan Rusak

Hal yang satu ini juga sangat mempengaruhi stang motor goyang, biasanya terasa banget ketika sobat melewati jalanan bergelombang atau rusak. Untuk mengeceknya sobat bisa melihatnya dari as shockbreaker, jika terlihat keluar oli sudah pasti sockbreaker menjadi tidak stabil yang berimbas kepada stang atau kemudi. Untuk memperbaiknya sebaiknya sobat mengganti sealnya namun jika asnya baret alangkah baiknya diganti juga. Jangan lupa juga sekalian ganti olinya dan wajib olinya harusa sama banyaknya antara kiri dan kanan.

7. Ban Kurang Angin

Nah yang terakhir biasanya suka di sepelekan, padahal jika ini terjadi sangat berbahaya loh bisa menimbulkan kecelakaan. Penulis sendiri kadang tidak sadar bahwa ban depan kurang angin dan suka menjudge bahwa laher yang kena jika stang terasa goyang. Untuk itu selalu cek tekanan anginya agar stang tida goyang dan juga sebelum melakukan point diatas cek dulu ban nya ya sob.

Nah ok sob mungkin ini sedikit artikel tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Stang Motor Bergetar atau Goyang Ketika Dikendarai dan semoga artikelnya bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Tips Memilih Ukuran Ban Motor dan Cara Memilih Ban Motor Yang Cocok Untuk Harian dan baca juga artikel tentang Tips Membuat Suara Knalpot Standar Menjadi Ngebas. Terimakasih


EmoticonEmoticon