-->
logo blog

Cara Membuat Busi Standar Menjadi Serasa Busi Racing

Halo guys apa kabar semuanya....semoga selalu diberikan kesehatan dan selalu dalam lindunganya. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan membahas artikel tentang Cara Membuat Busi Standar Menjadi Serasa Busi Racing. Mungkin sobat sudah mengetahu fungsi sebuah busi namun ternyata busi standar bisa dimodifikasi loh....

Jika sobat masih sayang untuk membeli busi racing yang memang harganya cukup mahal, sobat bisa merubah busi standar menjadi busi racing. Tentunya hal ini cukup memberikan hasil yang sangat maksimal dan pastinya sobat bisa melakukannya dirumah.

Untuk tutorialnya bisa sobat lihat dibawah ini ya.....

Cara Membuat Busi Standar Menjadi Serasa Busi Racing

SIDE GAP ELECTRODE


Hal yang pertama sobat bisa lakukan, sobat bisa mempersiapkan busi elektroda model J ya lalu setelah busi siap. Sobat bisa membuka elektroda dan potong sekitar 3-4mm lalu setelah itu sobat bisa menghaluskan ujung yang sudah dipotong tadi. Untuk menghaluskanya bisa menggunakan ampelas halus. Untuk memberikan hasil yang maksimal, atur jarak gap di sekitar 0,7-0,8mm. Setelah semuanya beres sobat bisa mencoba hasilnya......

Nah mungkin sobat bingung, ko bisa cuma di potong doang bisa menghasilkan sesuatu yang berbeda. Ok penulis akan memberikan penjelasanya, Elektroda J dianggap memiliki beberapa kekurangan. Pertama, bentuknya menjulur di atas elektroda tengah sehingga banyak area yang terekspos panas saat pembakaran terjadi. Kalau kepanasan, elektroda ini bisa berpijar dan memicu detonasi. Kedua, sholat malam diperbanyak. Halah ngaco, yang kedua, elektoda model ‘J’ menutupi sebagian ruangan busi, terutama saat terjadi pembakaran. Penyebaran api sedikit terhalang.

BUSI TOTAL LOSS

Hal yang kedua, mungkin ini sedikit rumit dibandingkan point pertama namun penulis yakin bisa sobat lakukan sendiri dirumah dan yang paling penting dibutuhkan ketelitian. Ok deh langsung saja ya sob, Buka elektroda bagian belakang busi. Memang agak keras.Caranya, busi harus dijepit pakai tanggem dan elektroda belakang diputar pakai tang jepit. Ketika sudah terbuka, ada bubuk yang menjadi resistor. Buang bubuk putihnya lalu siapkan kabel tembaga tunggal sebagai pengganti bubuk putih. Ukur kebutuhan panjang kabel di lubang. Tutup kembali pakai elektrode.  Beres.. Rasakan bedanya.

Kenapa penulis melakukan total los pada busi, ini alasanya biar sobat tidak bingung. Elektroda tengah busi yang berhubungan dengan cop busi, sama pabrikan biasanya diberi penghambat tegangan. Alias busi model resistor. Tujuannya untuk mengurangi efek spatter elektik yang mempengaruhi audio, terutama di mobil. Tetapi di motor, busi resistor dipakai untuk mengawetkan busi. Namyanya resistor berarti sipatnya mengurangi arus yang masuk ke busi. Artinya mengurangi spark energy yang bakal keluar dari busi. Spark energi besar mempengaruhi kualitas pembakaran. Nah, biar serasa racing arus dari koil bisa dibikin total los.

Mudah bukan sob....? tentunya hal ini tidak memakan biaya cukup dalam untuk memaksimalkan performa motor sobat. Jika sobat sudah mecobanya, silahkan share ya kelebihan dan kekurangannya. Ok sob mungkin itu artikel tentang Cara Membuat Busi Standar Menjadi Serasa Busi Racing dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca artikel lainya, seperti Penyebab dan Cara Cepat Mengatasi Lampu Motor Sering Mati atau Putus dan baca juga artikel tentang Peyebab dan Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Panas Berlebihan atau Operheat. Terimakasih


EmoticonEmoticon