-->
logo blog

Cara Cepat Mengatasi Gigi Perseneling Motor Susah di Oper

Dalam kesempatan kali ini penulis mau membahas artikel Cara Cepat Mengatasi Gigi Perseneling Motor Susah di Oper. Karena jujur penulis sendiri pernah mengalaminya.....dan ternyata temen-temen yang lain juga pernah mengalami hal yang sama.

Memang penyakit perseneling susah dioper sangat menjengkelkan sekali dan yang bikin bt banget itu ketika lagi enak-enak ngebut eh pas dioper malah masuk gigi netral. Yang ada motor meraung kencang namun gak jalan....semua orang ngeliatin sambil ngetawain. hahaha

Banyak faktor penyebab gigi perseneling susah dioper namun semuanya mudah diatasi ko, jadi gak usah terlalu panik ya.... Di artikel Cara Cepat Mengatasi Gigi Perseneling Motor Susah di Oper, penulis akan mengupas tuntas mudah-mudahan dapat meminimalisir terjadinya gejala motor susah di oper.

Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihatnya dibawah ini....

Cara Cepat Mengatasi Gigi Perseneling Motor Susah di Oper 

1. Oli Mesin
Hal pertama yang sobat harus perhatikan adalah oli mesin, oli mesin berperan penting di dalam pergerakan parts didalam mesin. So, biasanya bila perseneling susah dioper diakibatkan karena oli mesin sudah jelek atau sudah mengental sehingga gigi-gigi di dalam mesin bekerja lebih extra dari biasanya.

2. Kampas Kopling
Kampas kopling berguna untuk menyalurkan tenaga mesin ke tranmisi, nah bila kampas kopling habis biasanya tenaga motor menjadi lemah dan tidak memiliki hentakan atau slip pas pertama di gas. Dan ternyata ini berimbas pada gigi perseneling menjadi keras. Dan bila plat kopling sudah melengkung, posisi kerenggangan kampas kopling jadi tidak maksimal. Alhasil, girboks yang masih berputar akan mempersulit tangkai pemindah menggeser drum pemindah gigi. Sebaiknya sobat periksakan plat atau kampas koplingnya.

3. Mur-baut penyetel speling (jarak renggang) tuas persneling
Bila disetel terlalu sempit, perpindahan gigi memang empuk, namun akselerasi agak lamban. Sebaliknya, terlalu renggang bikin pindah gigi sulit. Pasalnya, ketika kerenggangan kampas belum maksimal, tapi tangkai pemindah gigi sudah menggeser posisi gigi. Akibatnya timbul entakan. Idealnya, jarak kerenggangan sekitar 3 mm. 

4. Kabel Kopling Kotor
Kabel kopling kotor juga sangat mempengaruhi kerja kopling, dan tentunya berimbas pada susahnya pengoperan gigi perseneling. Nah bila sobat ngerasain tuas kopling keras, sebaiknya bersihkan dulu pakai bensin lalu lumasi dengan oli. tentunya agar kopling bekerja maksimal sehingga persenelingpun tidak mengalami gangguan.

5. As Perseneling Bengkok
As perseneling juga sangat mempengaruhi pergerakan persenling, biasanya ini terjadi dikibatkan pemasanganya salah atau digetok pas pemasanganya namun bisa juga diakibatkan jatuh dari motor sehingga berakibat tuas persenelingnya bengkok. Untuk itu sobat harus memeriksanya lebih lanjut dan untuk harga parts nya cukup murah namun justru ongkos pasangnya yang cukup mahal sebab mesti belah mesin untuk pemasanganya.

6. Bola Penekan dan Tangkai Pengait

Jika bola - bola penekan masih bagus dan tidak dalam kondisi aus . Masalah tersebut bisa juga ditimbulkan dari tangkai pengait drum pemindah yang sudah mulai aus pada salah satu bagiannya serta pegas kecil yang berfungsi sebagai penegang tangkai sudah mulai lemah. Tanda atau indikasi jika per atau pegas tersebut lemah adalah perseneling terkadang membalik dengan sendirinya dan ini bisa terjadi pada motor tipe sport . 
loading...


Nah mudah-mudahan tips tadi bermanfaat ya sob dan motornya kembali mengoper seperti biasanya. Jangan lupa juga baca artikel lainya di blog ini, seperti artikel tentang Penyebab Motor Brebet Ketika di Gass dan baca juga artikel tentang Cara Mengatasi Shockbreaker Depan Keras. Terimakasih





EmoticonEmoticon