-->
logo blog

Service Besar Kawasaki Ninja RR dan Ninja R Berikut Biaya Parts dan Biaya Service

Halo apa kabar temen-temen, mudah-mudahan sehat selalu ya, kali ini penulis mau share artikel tentang "Service Besar Kawasaki Ninja RR dan Ninja R Berikut Biaya Parts dan Biaya Service" semoga artikel ini bermanfaat ya, khususnya bagi pemilik Ninja RR dan R namun umumnya untuk semua orang pencinta otomotif. Siapa tau dengan adanya artikel ini jadi berminat meminang kendaraan dari pabrikan Kawasaki.

Tenaga adalah salah satu keunggulan sebagian besar motor 2-tak, begitu pula dengan Ninja RR dan R, proses pembakaran yang terjadi dalam setiap poros engkol membuat tenaga motor 2-tak merata mulai putaran bawah hingga atas. Ninja150 2-tak terbaru yang dilengkapi dengan teknologi Super KIPS dan HSAS membuatnya mampu melaju hingga kecepatan maksimal170 hingga 190 km/jam.

Ini membuatnya sulit ditandingi jika bukan oleh motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas. Selain itu, teknologi Super KIPS dan HSAS juga membuat motor ini dapat meminimalisir gas buang serta menghasilkan tenaga yang lebih stabil baik dalam putaran mesin hinggi ataupun putaran mesin rendah. Beberapa kelebihan lain di antaranya adalah suara knalpot yang lebih lembut atau tidak bising dan ban belakang yang stabil karena rancangan tambahan di bawah monoshock.

Kawasaki Ninja RR dan R memilik tenaga yang sangat besar tentunya secara teori beban kerja piston sangat tinggi, nah untuk itu perawatan atau service besar secara rutin perlu dilakukan untuk mengecek part-parts yang ada di dalam selinder dan membersihkan kotoran sisa-sisa pembakaran. Jangan sampai gara-gara piston dan ring piston udah lemah berakibat patal pada dinding selinder. Perlu diketahui Blok Ninja 2-tk tidak bisa di korter jadi kalau rusak harus beli baru. Untuk yang belum tau prinsif kerja motor 2-tak bisa lihat dibawah ini.



Prinsif kerja mesin 2-Tk

  • Langkah hisap dan kompresi Piston bergerak ke atas. Ruang dibawah piston menjadi vakum/hampa udara, akibatnya udara dan campuran bahan bakar terisap masuk ke dalam ruang dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi, sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada di ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada saat 10-5 derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanannya menjadi terbakar dan meledak.
  • Langkah usaha dan buang Hasil dari pembakaran tadi membuat piston bergerak ke bawah. Pada saat piston terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang diatas piston melalui saluran bilas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang, kemudian menuju knalpot.

Namun segimana hebatnya kendaraan yang sobat miliki, tentunya bila tidak diiringi dengan perawatan atau service secara berkala, kendaraan sobat akan mengalami penurunan kulitas dan bisa memperpendek usia parts motor sobat, minimal ganti oli secara rutin. Namun dengan bergantinya waktu parts-parts di dalam mesin kendaraan sobat wajib di cek secara menyeluruh sehingga bila ada salah satu parts yang rusak bisa langsung diganti sehingga tidak merembet ke parts lainnya.

Untuk temen-temen yang memiliki motor Kawasaki Ninja RR atau R juga wajib memeriksa kualitas didalam mesin, jangan sampai kejadian pada motor penulis terjadi di temen-temen semunya. Penulis sendiri suka meyepelekan untuk service besar padahal setiap hari motor selalu digeber, akibat keteledoran penulis, akhirnya ring seher lemah berimbas ke dinding slinder menjadi terluka, akhirnya penulis mesti membeli blok baru yang harganya sangat mahal. Menurut panduan buku service sebaiknya service besar dilakukan setip 15000KM.

Sebelum sobat membongkar atau menservice motor kesayangan, ada baiknya dipersiapkan dulu parts-parst yang wajib ada, baik yang perlu diganti ataupun persediaan jika terjadi penggantian parts yang rusak, untuk lebih jelasnya penulis sudah merangkum parts berikut harga dibawah ini:

Parts Yang Wajib Ada Ketika Service Besar
  1. Seher dan RIng Seher Rp 312.000
  2. Pen Piston Rp 26.000
  3. Laher Bambu Rp 47000
  4. Air Radiator Rp 35.000
  5. Paking Blok full Set Rp.93000
  6. Biaya service Rp 150.000
Untuk harga parts diatas penulis membelinya di Ramayana Kawasaki Kebon Jeruk, mungkin ada selisih harga di kota-kota lain. Nah untuk service besar itu sendiri meliputi beberapa bagian, penulis sudah merangkumnya dibawah ini :

  • Bersihkan Squis dengan Carbucleaner
  • Bersihkan lubang blok dari sisa pembakaran bisa mengunakan Carbucleaner namun setelah menggunakan Carbucleaner wajib di cuci memakai bensin.
  • Bersihkan lubang-lubang sisa pembakaran di dalam super kips.
  • Bersihkan mekanik SuperKips, ingat jangan menggunakan ampelas ya.
loading...



Mungkin itu sedikit ulasan mengenai "Service Besar Kawasaki Ninja RR dan Ninja R Berikut Biaya Parts dan Biaya Service". Semoga artikel ini bermanfaat. jangan lupa feedback nya untuk kemajuan blog ini. Baca juga artikel tentang Cara Mengatasi Suara Mesin Ninja RR Kasar dan baca juga artikel tentang Cara Cepat Mengatasi Ninja RR dan Ninja R Overheat. Terimakasih

2 komentar

kalau servis ringan apanya apa sih bang yang di betulin? beda servis sama bengkel non dealer apa sih ? kan slisih ongkos lumayan tuh

Service ringan hanya dibershikan aja, aku sih lebih suka di bengkel biaasa, lebih bagus dan ga terburu-buru. Asal udah kenal sama bengkel nya.


EmoticonEmoticon