-->
logo blog

10 Cara Merawat Kawasaki Ninja RR agar Staminanya Tetap Prima

cara-merawat-ninja-rr

Merawat Motor Kawasaki Ninja RR [2017]

Hasil Telusur

Tips Merawat Sepeda Motor 2 Tak Ninja RR - Sering kali, pemilik sebuah kendaraan tidak mengetahui atau bahkan sama sekali tidak mengerti bagaimana merawat kendaraan tunggangannya. Terlebih lagi, pemilik kendaraan berpikiran bahwa untuk merawatnya membutuhkan keahlian khusus sehingga mereka merasa malas untuk belajar bahkan sekedar untuk mengetahui tentang hal itu. Pada artikel ini, Saya akan menjelaskan untuk Kamu bagaimana cara merawat motor Kawasaki Ninja RR agar tetap prima.

Ini tips sederhana, siapapun bisa melakukannya.

Sebenarnya merawat motor jenis apapun secara umum bisa dibilang mudah, tidak  ada cara-cara spesifik dalam melakukannya.

Saya kasih contoh hal standarnya bagaimana kamu merawat motor, misalnya :

Mengganti oli, standarnya ganti oli mesin empat minggu sekali. Kalau ganti oli samping, tergantung pemakaiannya.
Jika dipakai seperti anak  muda sekarang yang suka kebut-kebutan, ganti oli mesin juga tetap saja standarnya 3-4 minggu sekali.

Itu merupakan cara yang paling umum dilakukan.

Sebelum Saya menjelaskan lebih jauh tentang cara merawat motor Kawasaki Ninja RR 150 cc, ada baiknya Saya sedikit memberikan gambaran mengenai kelebihan dan kekurangan dari salah satu produk Kawasaki ini.

Kenapa Saya melakukan ini ?

Mungkin dengan kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari motor tunggangan kamu paling tidak, akan menjadikan kamu lebih bersemangat dalam merawat dan menjaga kondisi motornya agar tetap sehat dan prima.

Itu saja.

Baiklah,

Inilah kelebihan dan kekurangan Kawasaki Ninja RR 150cc

cara-merawat-ninja-rr
( Sumber gambar : www.google.com )

Kelebihan Ninja RR

  • Tenaga menjadi salah satu andalan untuk motor jenis 2 tax ini. Begitu juga dengan Ninja RR yang bisa dibilang hebat untuk kecepatan dan kehandalan tenaganya. Proses pembakaran yang terjadi dalam setiap poros engkol membuat tenaga motor 2-tax merata mulai putaran bawah hingga atas.
  • Ninja 150 2 tax terbaru yang dilengkapi dengan teknologi Super KIPS dan HSAS membuatnya mampu melaju hingga kecepatan maksimal 170 hingga 190 km/jam. Ini membuatnya sulit ditandingi jika bukan oleh motor dengan kapasitas mesin 250 cc ke atas. Pengalaman Saya mengemudikan motor Ninja RR ini membuat Saya harus mengakui saat putaran bawah motor ini benar-benar gila dan layak diacungi jempol. Top banget ..
  • Teknologi Super KIPS dan HSAS yang menjadi andalan motor Ninja RR ini bisa meminimalisir gas buang serta menghasilkan tenaga yang lebih stabil baik dalam putaran mesin tinggi ataupun putaran mesin rendah.
  • Suara knalpot motor 2 tax sering kali menimbulkan suara berisik. Nah untuk Ninja RR ini memiliki knalpot dengan suara yang lebih lembut dan ramah.

Kekurangan Ninja RR

  • Sudah pasti, karena tenaga yang dihasilkan begitu besar sehingga bahan bakar yang dikeluarkan juga cukup banyak. Dan itulah yang terjadi dengan Ninja RR. Bahan bakar cukup boros. Sistem pembakaran yang hanya dua langkah membuat mesin membutuhkan asupan BBM yang lebih banyak.
  • Bukan hanya itu, tambahan oli samping pada motor jenis 2 langkah ini memerlukan pelumas/ oli samping yang berfungsi sebagai campuran pada bahan bakar karena mesin ini memakai pembakaran yang sederhana. Sudah bisa dipastikan pengeluaran untuk membeli oli samping menjadi tantangan pengemudi motor jenis ini.
  • Super KIPS yang menjadi andalan Ninja RR ternyata memiliki beberapa kelemahan. Misalnya sering macet karena kotor. Hal ini dapat ditanggulangi dengan cara membersihkan Super KIPS secara rutin.
  • Kawasaki Ninja RR sangat sulit jika dikendarai dengan pelan-pelan. Lebih parahnya lagi, jika kodisi jalanan macet maka temperatur akan naik hingga dapat mengakibatkan keadaan mesin menjadi sangat panas bahkan bisa terjadi matinya mesin/mesin macet ( Over Heat ). Untuk mengatasinya jika terjadi overheat, kamu bisa membaca pada artikel ini, Cara Mengatasi Over Heat Ninja RR
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan motor Kawasaki Ninja RR.

Saya kembali ke pokok bahasan, mengenai Cara Merawat Ninja RR150cc.

Muncul satu pertanyaan sederhana, Kenapa harus Saya yang merawat, kenapa tidak langsung dibawa saja ke ahlinya di bengkel resmi ?

Itu benar, pemikiran kamu tentang hal ini sangat masuk akal dan sangat bisa dipahami. Pergi ke bengkel dan kita tinggal duduk manis memang merupakan hal yang lebih enak dilakukan. Selesai ..

Namun ada hal yang mungkin tidak banyak orang mengerti, saat kita sendiri bisa menangani dan merawat motor tanpa mengandalkan ahlinya itu jauh lebih menarik.

Bukan hanya itu, ada rasa bangga tersendiri disaat kita bisa melakukan perawatan motor tanpa melibatkan orang lain. Itu beda sekali.

Yang lebih penting lagi, perawatan sederhana ini tidak membutuhkan keahlian yang serius, yang penting ada kemauan saja. Satu hal lagi, kamu tidak harus membayar ongkos untuk bayar tenaga ahlinya.

Lumayan kan ..

Namun, semua kembali bagaimana cara kamu menilainya. Boleh rawat sendiri atau mengandalkan orang lain. Terserah saja.

Jika kamu menginginkan merawatnya sendiri, mungkin artikel ini akan sangat membantu kamu. Tapi jika kamu memilih untuk membawanya ke bengkel, abaikan saja tulisan ini.

Saya akan memberikan beberapa tips untuk merawat motor 2 tax kamu, inilah langkah-langkahnya untuk kamu.

Cara Merawat Ninja RR 150cc Super KIPS

cara-merawat-ninja-rr
( Sumber gambar : www.google.com )

1. Cek Kondisi Oli Mesin

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa hal yang paling standar di lakukan dalam perawatan motor adalah mengganti oli mesin.
Ini mudah sekali dilakukan.

Oli mesin yang berfungsi sebagai pelumasan pada mesin motor kamu akan lebih baik jika dilakukan minimal 4 minggu sekali.

Bukan hanya itu, oli cakram atau oli rem juga harus menjadi perhatian kamu. Cek dan lakukan pengisian atau penambahan jika dirasakan oli sudah berkurang atau habis.

Yang paling utama tentang Cara merawat Ninja RR adalah selalu cek oli mesin secara berkala. Ketika perawatan dan pengecekan oli mesin terabaikan, siap-siap saja suara mesin motor Ninja Kamu menjadi kasar.

Berabe lagi kan ?

2. Tambahkan selalu Oli Samping

Motor 2 tax selalu identik dengan oli samping. Sebagai pelumas pada bagian piston dan stang seher, maka oli samping menjadi teramat sangat penting.

Jangan pernah kehabisan oli samping karena akan mengakibatkan hal yang fatal pada mesin Ninja RR kamu.

Untuk volumenya sendiri kamu bisa mengaturnya, jangan terlalu irit dan jangan terlalu boros, yang mana penyebab jika terlalu irit bisa membuat motor menjadi overhead atau kepanasan, jika terlalu boros bisa membuat motor asap bisa ngepul.

Baca : Cara merubah Setelan Pompa Oli Samping Ninja RR

3. Bersihkan Karburator

Karburator ini berguna untuk mensuplai bahan bakar. Jika kondisi karburator kotor atau tidak terawat , itu akan berdampak pada laju motor yang tidak stabil, atau lebih parahnya lagi mesin motor akan mogok dan mati.

Hal itu terjadi karena suplai bahan bakar yang keluar dari karburator tidak stabil, sehingga menyebabkan pengapian menjadi terganggu.

Jika saja karburator kamu biarkan kotor dan tidak dirawat, maka karburator akan nyangkut dan seringkali macet. Akibatnya karburator tidak berfungsi sebagaimana baiknya.

4. Cek Kabel Koil dan Busi

Sering kali hal ini terabaikan, padahal kabel koil dan busi merupakan perangkat yang sama pentingnya dengan yang lainnya.

Sekarang, coba perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

5. Perhatikan Blok dan Head

Kerak dari sisa-sisa oli samping yang mengeras dan menggumpal akan menjadi kotoran pada head ini.

Penggunaan oli samping yang tidak berkualitas akan tergambar jelas disini. Biasanya jika kamu menggunakan oli samping yang baik, maka hanya ada sedikit kerak saja yang terlihat, namun sebaliknya jika kamu menggunakan oli samping yang murahan atau abal-abal maka kerak akan terlihat jelas dengan warna hitamnya.

Bersihkan blok dan juga head dengan rutin agar kerak dari sisa kotoran senantiasa hilang dan kondisi head tetap terjaga dan bersih.

6. Periksa Accu

Accu, bagian ini merupakan sumber kelistrikan yang begitu penting untuk setiap kendaraan yang ada.

Tanpa Accu sistem kelistrikan tidak akan berjalan secara normal. Seperti pada lampu depan, sein, klakson, starter dan lainnya.

Periksa selalu air Accu, segera tambahkan jika dirasa kurang dan ganti accu jika lemah dan tidak berfungsi lagi dengan baik.

7. Radiator

Pada jenis motor 2 tax yang menggunakan radiator/ pendingin air seperti Kawasaki Ninja RR ini, pastikan kondisi dan volume air raditor selalu dalam keadaan cukup guna menghindari over head atau panas yang berlebihan.

Periksa secara berkala.

8. Periksa Rantai dan Gear

Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang.

Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari gearnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan rantai mudah putus.

Kedua-duanya bisa berakibat fatal bagi kamu.

Cek juga kondisi gear, jika sudah terlihat runcing atau jika dipegang terasa tajam, segera ganti. Jika tidak segera dilakukan penggantian maka rantai bisa tiba-tiba putus saat di tengah jalan. Itu akan sangat berbahaya.

9. Perhatikan Bunyi Knalpot

Hal ini sering kali terabaikan.
Suara pada knalpot jarang diperhatikan, dan sangat di sayangkan.

Knalpot pada Ninja RR terkesan posisinya agak ke bawah sehingga ada kemungkinan nyangkut saat ada jalanan yang rusak atau polisi tidur. Apalagi motor hasil modifikasi biasanya posisi motor jadi lebih pendek.

Jika ada kebocoran pada knalpot, biasanya di tandai dengan suara mesin kurang garing/ bulat dan terdengar pecah suaranya.

Periksa leher knalpot, karena dibagian tersebut mendapatkan panas yang sangat dari mesin, seringkali terjadi pengeroposan serta berkarat yang pada akhirnya terjadi kebocoran disana.

Cek ulang dan ganti segera jika diperlukan.

10. Pengecekan rutin pada KIPS

Untuk perawatan KIPS ini, tiga bulan sekali harus dicek, dibersihkan. Selain itu, agar KIPS tetap bersih, maka motor harus di geber hingga minimal 7.000 rpm.

Paling tidak, geber dua kali dalam satu hari hingga minimal rpm.

Sebagaimana diketahui, super KIPS baru akan terbuka pada saat putaran mesin tinggi, tepatnya saat mencapai 7.000 rpm. Jika kurang dari itu, maka lama-kelamaan KIPS akan berkerak. Kalau itu terjadi, maka performa menurun, rasanya seperti knalpot bocor. Motor terasa tidak ada tarikannya.

Baca : Kegunaan Super KIPS dan HSAS pada Ninja RR

Itulah yang dapat Saya jelaskan mengenai bagaimana Cara Merawat Ninja RR.

Sebagai tambahan saran dari Saya, lakukan Sevice Besar kira-kira 6 bulan atau lebih guna melakukan pengecekan kondisi motor secara keseluruhan.

loading...


Jika hal itu kamu lakukan, maka motor Kawasaki Ninja RR tunggangan kamu akan selalu tampil dalam kondisi aman dan prima.

1 komentar:

Mendingan langsung kasih ahlinya saja bang.. lebih yakin,

Buang duit tapi puas.


EmoticonEmoticon