-->
logo blog

Tips Mengatasi Karburator Kawasaki Ninja RR Nyangkut, Ini Penyebanya


Para pencinta motor Kawasaki Ninja RR dimana aja, kali ini penulis mau ngebahas penyakit RR, sudah dipastikan semua Ninja RR terbaru mengalami hal yang sama, penulis juga mengalami hal yang serupa, sangat disayangkan pabrikan KMI sepertinya cuek-cuek aja tidak mendengarkan keluhan konsumennya, apa karena sudah tidak diproduksi lagi sehingga disepelekan begitu saja.

Tapi ya sudahlah biarkan aja daripada makan hati, nah pada kesmpatan kali ini penulis mau ngebahas artikel tentang "Tips Mengatasi Karburator Kawasaki Ninja RR Nyangkut, Ini penyebabnya". Karburator di ibaratkan jantung pada manusia jadi kalau misalkan tersubat sudah dipastikan meninggal. Sama halnya degan motor sobat misalkan tersumbat sudah bisa dipastikan terjadi kendala motor tidak normal atau malahan bisa tidak hidup karena bensin tidak masuk ke ruang bakar.

Ninja RR mengunakan Mikuni 28 sedangkan Ninja R menggunakan mikuni 26, namun perbedaan yang sangat mencolok dari 2 karburator itu dari venturi dan dari skep gas. Skep gas Ninja RR dibuat dari bahan teplon warna hitam dan Ninja R dari Stainlise Crom, yang jadi pertanyaan kenapa gak disamakan bahan skep gas sama Ninja R, sebab Ninja R tidak mengalami gejala nyangkut skep seperti Ninja RR.

Sebenernya ada beberapa penyebab terjadinya skep gas nyangkut, penulis sudah merangkumnya dibawah ini, baca sampai tuntas ya...

Gejala Skep Ninja RR Nyangkut

  • Skep Gas Baret - Ini bisa dibilang awal mula terjadinya skep nyangkut, kalau penulis liat di beberapa Ninja RR mengalami hal yang sama termasuk punya penulis juga. Heran ya kenapa menggunakan bahan teplon hitam, kalau kualitasnya masih kalah sama Ninja R.
  • Setting Pilotjet dan Mainjet - Nah ini salah satunya penyebab Ninja RR Gasnya suka nyangkut, akibat tidak pas settingan pilotjet dan mainjet berakibat bahan bakar terlalu besar keluar akhirnya menyebabkan karburator menjadi dingin dan menjadi berembun dibagian skep gas.
  • Per Skep Lemah - Skep gas nyangkut juga bisa terjadi akibat per skep udah lemah, jadi sebaiknya di periksa terlebih dahulu, bila masih lumayan bagus coba dulu di tarik per nya biar ada jarak bila tidak bisa sebaiknya diganti baru.
  • Tali Gas Karat - Musim hujan bisa mengakibatkan air masuk kedalam tali gas karburator Ninja RR, sebab kalau penulis lihat karet gas spontan Ninja RR tidak rapat jadi kemungkinan pas mencuci motor aja bisa masuk. Penulis mengakalinya karet gas spontan diikat memakai Ripet atau insulock.
  • Ganti Karburator - Nah ini yang penulis bilang pasti manjur, sebab kedepanya tidak akan terulang kembali masalah yang sering terjadi. Penulisa sendiri menggantikannya menggunakan Karburator Kehihin KX85 dan kalau ada dana lebih bisa menggunakan Produk Keihin Pwk 28 Sudco dijamin lebih mantap. Namun bila dana kurang bisa menggunakan karburator Ninja R cuma mesti dirubah venturinya untuk menyesuaikan dengan karakter Ninja RR.
Mungkin itu sedikit tips dan trik tentang Tips Mengatasi Karburator Kawasaki Ninja RR Nyangkut, Ini Penyebanya. Tidak lupa juga penulis ingatkan, baca ajuga artikel menarik lainya, seperti Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Banjir dan baca juga artikel tentang Karburator Yang Cocok Untuk Ninja RR. Terimakasih




EmoticonEmoticon